Tag: makanan jogja

ANGKRINGAN MALAM DI JOGJA YANG PALING TERKENALANGKRINGAN MALAM DI JOGJA YANG PALING TERKENAL

Jogja memang surganya wisata dan juga kuliner. Buat yang lagi diet tapi liburan ke Jogja, udah deh jangan harap bila diet kamu bakalan berhasil. Karena banyak makanan yang bikin ngiler dan pastinya dengan harga yang murah. Jauh-jauh tapi gak kulineran? Aduh sayang banget deh.

Jogja adalah kota wisata yang sangat terkenal dan selalu dipenuhi oleh wisatawan asing maupun lokal. Selain mendatangi tempat-tempat wisatanya, mereka pun sering berkuliner mencari makanan-makanan murah di Jogja. Secara biaya hidup di Jogja itu terbilang sangat murah, makanya para pendatang biasanya prefer cari makanan yang pinggir jalan.

Jogja sendiri terkenal angkringan yang tersebar di berbagai tempat, tentunya berada di pinggir jalan tapi enak banget kalau untuk ngisi perut. Nah kali ini kita akan kasih rekomendasi kamu angkringan malam yang terkenal. Dimana saja ya? makanya simak sampai beres!

1.Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man

Jangan kaget ya kalau kesini selalu penuh, karena angkringan Lik Man ini sudah ada sejak 1950an loh, kalian belum lahir kan pasti? Lokasinya pun sangat strategis dan berada di tengah kota, tepatnya di sebelah utara Stasiun Tugu.

Menu yang paling terkenalnya adalah kopi jos, disini kopi jos sangat laris. Lalu mereka pun menjaul nasi kucing dengan berbagai lauk di dalamnya. Mau tau harganya berapa? cuma 2 ribu saja. Disini juga banyak aneka sate dengan harga mulai dari 3 ribu dan berabgai gorengannya. Mau kuliner tengah malam? bisa banget karena mereka buka sampai jam 2 malam.

2.Angkringan KR/Pak Jabrik

Angkringan KR/Pak Jabrik

Angkringan KR atau disebut dengan Kedaulatan Rakyat ini memang berada di dekat Kantor Harian Kedaulatan Rakyat. Mirip dengan angkringan lainnya, dimana angkiran KR atau angkringan Pak Jabrik ini menyediakan berabgai macam menu yang murah. Angkringan ini buka dari sore hingga jam 1 malam, lokasi pun gak jauh dari Malioboro.

Menu yang ditawarkan terdiri dari berbagai nasi kucing dengan isian yang berbeda. Lalu ada pula beragam sate-satean dengan harga yang sangat murah mulai harga 3 ribuan. Murah banget kan?

3.Angkringan Gadjah

Angkringan Gadjah

Pernah makan all you can it dengan konsep yang murah dan merakyat? Kalau belum langsung aja deh cobain untuk makan di Angkringan Gadjah ini. Karena konsepnya yang bukan di pinggir jalan lagi, harganya pun agak lebih tinggi tapi setinggi-tinggi di Jogja gak akan lebih dari 50 ribu kok.

Selain all you can it dengan harga 15 ribu saja, mereka pun menyediakan menu paket yang bisa dimakan secara bersama-sama. Tempat makannya pun dibagi dua ada yang indoor dan outdoor, lalu minumannya pun gak kalah enak dengan resto-resto besar diluaran sana.

4.Angkringan Wijilan

Angkringan Wijilan

Mungkin dengar kata Wijilan, yang ada di pikiranmu pasti Gudeg kan? Nah untuk kali ini kita bahas angkringannya dulu ya. Angkringan wijilan ini bisa dibilang lebih mirip seperti warteg yang dimana makanannya disajikan dengan cara prasmanan. Jadi gak hanya jual aneka gorengan dan sate-satean saja, tapi mereka pun ada lauk pauk dan sayuran lainnya.

Tenang aja, harganya pun tetep murah kok. Lokasinya dekat dengan Malioboro dan buka sampai jam 2 malem. Lapar di tengah malem? Cus langsung aja ke sini.

Itu dia 4 angkringan yang paling terkenal di Yogyakarta. Angkringan memang enaknya didatangi pas malam hari, jadi jangan lupa untuk di coba!

Makanan khas Jogja

5 Rekomendasi Makanan Khas Jogja Terhits 20205 Rekomendasi Makanan Khas Jogja Terhits 2020

Sebagai kota yang menyajikan berbagai destinasi wisata, tentunya kalian tidak akan melewatkan untuk berkulineran mencicipi makanan khas Jogja yang kaya akan cita rasa dengan perpaduan berbagai macam rempah bukan. Penasaran dengan tekstur dan kelezatan makanan khas Jogja yang saat ini hits di kalangan traveler? Berikut kami rangkum dalam 5 rekomendasi makanan khas Jogja terhits 2020 berikut ini.

Gudeg dan Krecek

Kedua makanan ini merupakan satu kesatuan yang tidak akan terpisahkan dan masih menjadi makanan favorite para wisatawan. Kedua makanan ini memang identic dengan kota Jogja yang menjadi asal kepopuleran makanan ini.

Gudeg dan Krecek

Tak heran jika kalian singgah diberbagai tempat makan yang ada di Jogja dan memesan sajian berbahan nangka ini, pastinya krecek selalu hadir sebagai lauk tambahan atau pendamping. Krecek sendiri merupakan makanan yang terbuat dari kulit sapi atau umumnya dikenal dengan kerupuk kulit dengan diberi bumbu khas hingga menghasilkan rasa yang agak pedas.

Oseng – Oseng Mercon

Buat kalian yang baru pertama menginjakan kaki di kota ini, pastinya kalian tidak melewatkan sajian kuliner gudeg dan krecek yang merupakan makanan khas dari kota ini. Namun tahukah kalian bahwa di kota pelajar ini ada berbagai  makanan khas jogja selain gudeg dengan cita rasa yang lezat. Salah satunya adalah Oseng – Oseng Mercon.

Oseng – Oseng Mercon

Walaupun tidak sepopuler Gudeg dan krecek, makanan ini juga tidak sepi dari peminat, terlebih jika kalian menyukai rasa pedas. Kepopuleran jenis makanan ini tidak terlepas dari masyarakat tanah air yang memang lebih dominan menyukai makanan dengan rasa pedas. Makanan ini berisikan kikil dan daging sapi yang dimasak dengan berbagai bumbu serta cabai yang berlimpah.

Sayur Lombok Ijo

Meskipun nama makanan ini menyerupai nama pulau yang ada di Indonesia, akan tetapi makanan ini bukan berasal dari pulau tersebut loh. Melainkan berasal dari kota Jogja, tepatnya di daerah Gunung Kidul. Nama tersebut diberikan karena memang makanan ini dibuat dengan bahan utama cabai hijau atau sering disebut dengan Lombok ijo. Selain berisi Lombok Ijo, makanan khas jogja yang enak ini terdiri dari berbagai bahan lainnya seperti tempe, santan dan berbagai bumbu lainnya.

Sayur Lombok Ijo

Tentunya makanan ini sangat cocok sekali bagi kalian yang memang menyukai santapan vegetarian. Rasa makanan khas daerah jogja ini terbilang memiliki rasa yang gurih karena penggunaan santan. Meskipun dalam sajian ini terdapat irisan cabai yang cukup banyak, kalian tidak perlu khawatir karena cabai yang digunakan merupakan cabai hijau yang memiliki rasa tidak terlalu pedas.

Soto Lenthok

Masih dengan sajian berkuah, kehadiran soto lenthok tentunya menjadi sajian yang wajib kalian cicipi jika berkunjung ke kota Jogja. Makanan tradisional khas dari jogja ini dapat dengan mudah kalian temukan disekitaran stasiun Tugu Yogyakarta atau di daerah Bantul. Seperti soto kudus, namun pada soto Lenthok ini terdapat tambahan berupa daun kemangi beserta Lenthok sebagai bahan utamanya.

Soto Lenthok

Lenthok sendiri merupakan perkedel yang terbuat dari singkong yang bercampur dengan bumbu lainnya hingga memiliki tampilan seperti perkedel umumnya. Dari segi rasa, makanan khas Yogyakarta ini menghasilkan rasa yang lezat serta tekstur yang begitu menggoda.

Seperti yang kita ketahui bahwa di kota ini terdapat banyak sekali makanan khas Jogja yang menggiurkan dengan kelezatan khas Nusantara. Sangat disayangkan bukan jika kalian melewatkan waktu kulineran jika berkunjung ke kota ini.